Jumat, 26 Juni 2009

Aplikasi Teknologi EM-4 dalam Bidang Pertanian

EM-4 dikulturkan dalam medium cair berwarna coklat kekuning-kuningan, berbau asam. Didalam medium cair, EM-4 berada dalam kondisi istirahat (dorman). Sewaktu diinokulasikan dengan cara menyemprotkannya ke dalam tanah atau pada tubuh tanaman, EM-4 secara aktif memfermentasikan bahan organik (sisa - sisa tanaman, pupuk hijau, pupuk kandang, dll) yang terdapat didalam tanah. Hasil fermentasi bahan organik tersebut adalah berupa senyawa organik yang mudah diserap langsung oleh perakaran tanaman misalnya gula, alkohol, asam amino, protein, karbohidrat, vitamin dan senyawa organik lainnya

Pemberian bahan organik ke dalam tanah tanpa inokulasi EM-4 terkadang akan membusukkan bahan organik tersebut dan menghasilkan unsur anorganik, yang diserap oleh perakaran tanaman dan menghasilkan panas dan gas beracun lainnya yang dapat mengganggu pertumbuhan akar tanaman

Selain memfermentasikan bahan organik di dalam tanah, EM-4 juga merangsang perkembangan mikroorganisme lainnya yang menguntungkan untuk pertumbuhan tanaman, misalnya bakteri pengikat nitrogen, bakteri pelarut fosfat dan mikoriza. Mikoriza membantu tumbuhan menyerap fosfat di sekelilingnya. Ion fosfat dalam tanah yang sulit bergerak menyebabkan tanah kekurangan fosfat, dengan Teknologi EM hife Mikoriza dapat meluas dari misellium dan memindahkan fosfat secara langsung kepada inang dan mikroorganisme yang bersifat antagonis terhadap penyakit tanaman.

EM-4 juga melindungi tanaman dari serangan penyakit karena sifat antagonisnya terhadap patogen yang dapat menekan jumlah patogen di dalam tanah atau pada tubuh tanaman. Dengan cara demikian, EM-4 dapat menyuburkan tanh dan meningkatkan produktifitas tanaman dengan biaya minimal. Aplikasi EM dapat berhasil guna apabila dibarengi dengan pemberian bahan organik yang telah difermentasi dengan EM atau lebih dikenal sebagai Bokashi, karena unsur yang dikandung Bokashi selain dapat dimanfaatkan oleh tanaman juga dapat dimanfaatkan mikroorganisme yang menguntungkan di dalam tanah untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Dalam perkembangan selanjutnya pemanfaatan Teknologi EM di barengi dengan pendukungnya yaitu Teknologi Bokashi, EM-5 (pestisida organik) dan FPE (Fermented Plant Extrac)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar