Selasa, 26 Oktober 2010

Pelatihan Pertanian Organik

Denpasar, 26 Oktober 2010


No. : 185/X/IPSA/2010
Lamp. : 3
Perihal : Pelatihan Pertanian Organik dengan Teknologi EM

Kepada Yth : Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan
Kabupaten Tasikmalaya

Di

Tasikmalaya

Dengan hormat,

Sejalan dengan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, berbagai upaya telah ditempuh untuk menggantikan penggunaan zat kimia yang berbahaya dengan teknologi yang ramah lingkungan. Guna mewujudakan Bali pertanian organik. Gubernur Bali Mangku Pastika mengisyaratkan Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) akan disinergikan dengan lembaga pengembangan dan sumber daya alam. Untuk merealisasikan gagasan tersebut Gubernur bersama pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) secara langsung meninjau Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA ) milik Pak Oles di Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng (21/8/10).
Teknologi EM adalah teknologi akrab lingkungan yang dapat diterapkan dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan, lingkungan, industri, dan kesehatan.. Teknologi Effective Microorganisms (EM) pertama kali dikembangkan oleh Prof. Dr. Teruo Higa, seorang Guru Besar Fakultas Hortikultura University of The Ryukyus Okinawa, Jepang. Sampai saat ini Teknologi EM telah dimanfaatkan dan dikembangkan oleh lebih dari 90 negara di dunia.
Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA) Bali adalah lembaga swadaya yang didirikan pada Tahun 1997 untuk mendidik dan melatih petani profesional, agribisnis, peneliti, penyuluh pertanian, widyaiswara, mahasiswa, pengusaha, dan pelajar yang memiliki minat dalam pengembangan pertanian yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan dengan Teknologi EM. IPSA telah menamatkan dan mengeluarkan lebih dari 4.000 sertifikat.
Program Pendidikan dan Pelatihan dengan Teknologi EM, kami adakan dalam berbagai jenis (terlampir). Jika berminat, maka biaya pelatihan di transfer ke Rek. No. 0400890668 BCA Denpasar atas nama Gede Ngurah Wididana dan bukti slip setoran di fax ke (0361) 228240 kepada Koentjoro.
Demikian surat penawaran pelatihan ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat saya,




Ir. Koentjoro Adijanto
Koordinator Pemasaran IPSA Bali

Tembusan :
- Arsip

Kontak person :
Koentjoro/Yoyok
HP.. 081 5575 9274 Fax (0361) 228240
E-mail : yoyok_snr@yahoo.co.id Website : http ://yoyok-organik-bali.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar