Senin, 29 Desember 2014

Kunjungan SMA Cita Hati Surabaya ke Pak Oles Green School

Kunjungan SMA Cita Hati Surabaya ke Pak Oles Green School yang berlokasi di Bokashi Farm
Jl. Waribang No. 27, Kesiman - Denpasar, Bali

SEBANYAK 45 siswa SMA Cita Hati Christian School Surabaya belajar membuat pupuk organik di Pak Oles Green School (POGS) atau Bokashi Farm yang terletak di Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar Timur, Selasa (18/11/2014). Para siswa yang ditemani lima guru pembimbing tiba di Bokashi Farm dengan satu bus. Sebelum bertatap muka dengan para instruktur, rombongan terlebih dahulu santap siang dengan aneka menu yang tersedia di restoran Bokasi Farm Pak Oles.
Koentjoro Adijanto, Kepala POGS menyampaikan materi terkait cikal bakal berdirinya PT Karya Pak Oles Tokcer (KPOT) yang bergerak dalam bidang produk pertanian dan obat tradisional. “Produk pertanian EM (Effektif Microorganisms) yang merupakan produk asal Jepang dipasarkan di Indonesia oleh PT Songgolangit Persada dan produk turunannya yaitu berbagai jenis obat trasidional dipasarkan PT Karya Pak Oles Tokcer,” kata pria yang diakrabi Yoyok itu.

Selain belajar membuat pupuk organik, siswa juga belajar terkait tanaman yang berkhasiat obat serta melihat budidaya belut dan cacing tanah. Adien Novrianto, koordinator rombongan mengatakan sangat bersyukur dapat mengajak anak didiknya ke POGS.  “Di sini siswa dapat bersentuhan langsung dengan alam. Apalagi selama ini anak hanya tahu materi namun tidak pernah praktik. Selain membuat pupuk yang ramah lingkungan mereka juga mengenal tanaman herbal. Selama tiga hari di Bali, kami akan mengunjungi banyak tempat yang berhubungan dengan seni, sejarah dan budaya,’’ kata Adien.  * WIR (KPO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar